Architecture Software Design

SOFTWARE YANG SERING DIGUNAKAN PADA BIDANG ARSITEKTUR

 

Seiring berjalannya zaman, banyak hal yang berkembang dengan pesat. Perkembangan-perkembangan tersebut tentunya terdiri dari perkembangan yang memberi pengaruh pada kehidupan manusia. Mulai dari kemajuan dalam bidang pendidikan hingga kemajuan pada bidang teknologi. Salah satu contohnya,  sebagai mahasiswa yang bergerak di bidang pembangunan dan perancangan desain, tentunya kecanggihan masa kini sangat membantu dalam melakukan pekerjaan dan membuat tugas-tugas yang diberikan yang berkaitan dengan perancangan dan pembelajaran. Sebagai arsitek, dengan adanya kemajuan teknologi ini telah menciptakan cara yang lebih simple dan mudah dalam melakukan perancangan dan pekerjaan, salah satunya dengan adanya program/software yang membantu pekerjaan arsitek, diantaranya sebagai berikut.

  1. Auto CAD

autocad

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia. AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers,arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain. Auto cad adalah program yang paling umum dan paling banyak digunakan oleh perusahan-perusahaan arsitek di Indonesia, oleh karena itu di Indonesia setiap arsitek wajib hukumnya untuk menguasai autocad. Hal ini disebabkan bahwa auto cad memiliki fitur yang lengkap dan mempercepat pekerjaan seorang arsitek.

AutoCAD Arsitektur adalah AutoCAD versi yang dibuat khusus untuk arsitek. Ini memiliki fitur yang memungkinkan arsitek untuk melakukan penyusunan lebih efisien, menciptakan desain dan dokumen yang familiar bagi mereka. Yang mereka miliki platform sama dengan AutoCAD yang akan membuatnya lebih mudah bagi arsitek berpengalaman untuk mengerti.

Beberapa keuntungan menggunakan CAD dibanding menggambar manual adalah:
1. Kualitas gambar konstan, tidak terlalu tergantung pada skill penggambar sebagaimana gambar manual.
2. Relatif lebih akurat dan cepat pengerjaannya karena menggunakan komputer.
3. Dapat diedit, ditambah-kurang tanpa harus memulai dari awal.
4. Dapat menjadi data base yang menyimpan berbagai informasi penting yang dibuat oleh drafter dan dapat diakses langsung oleh pengguna lain.
5. Dapat dibuat library untuk komponen-komponen standar atau komponen yang digambar/ dipergunakan berulang-ulang dalam gambar (misalnya: baud, mur, simbol-simbol,dll.) sehingga mempermudah dan mempercepat dalam proses pembuatan gambar.
6. Lebih mudah dan praktis dalam dokumentasi, duplikasi, dan penyimpanannya.
7. Dapat dibuat dengan berbagai warna sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

  1. ArchiCad

archicad

ArchiCAD adalah software untuk desain arsitektur yang dikembangkan oleh Graphisoft. ArchiCAD menggunakan konsep virtual building (bangunan virtual) yang akan mewujudkan bentuk 3 dimensi dari desain 2 dimensi yang dibuat. Para arsitek akan bisa mempercepat pekerjaan mereka dengan menggunakan ArchiCAD. Berbagai template desain telah disiapkan dan cukup banyak plugin yang disiapkan oleh Graphisoft untuk menunjang pengembangan desain sebagai arsitek.

Archicad adalah perangkat lunak all-in-one yang dapat digunakan dalam proyek-proyek 2D dan 3D. Ini juga dapat digunakan oleh desainer yang First Time dan mahasiswa arsitektur. Ini adalah user friendly bahwa desainer First Time dan arsitek dapat dengan mudah memaksimalkan potensi perangkat lunak. Program juga memiliki hampir semua fitur aplikasi lainnya, tetapi tidak pernah dapat mengungguli efisiensi perangkat lunak ini.

ArchiCAD adalah software yang diciptakan oleh Grafisoft pada tahun 1982. Hingga sekarang, ArchiCAD telah mengembangkan diri secara luarbiasa sehingga software ini sangat populer di dunia arsitektur. Di Indonesia pun sudah cukup banyak pengguna ArchiCAD, indikasinya bisa di lihat dari didirikannya Grafisoft Center Indonesia (sekitar tahun 2009 – maaf kalau salah), yang mana kegiatannya difokuskan pada pelatihan (sertifikasi internasional!) dan bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi Indonesia dalam penggunaan ArchiCAD (kalau di Bandung mereka bekerjasama dengan ITENAS dan UNLA – sekali lagi, maaf kalau salah, saya cuma baca di internet J ). Komunitas dunia maya ArchiCAD di Indonesia pun sudah mulai bermunculan dan cukup ramai (sayang saya bukan arsitek, jadi ngga pede mau ikutan komunitas-komunitas ini, kan malu J). Release terakhir dari ArchiCAD adalah versi 14 (tahun 2010).

Kelebihan ArchiCAD dibanding Software CAD lain:

  1. Cukup mudah dipelajari, buku-bukunya sudah banyak beredar, pelatihan formal sudah tersedia, komunitas untuk berbagi ilmu sudah cukup banyak.
  2. Untuk kemudahan proses penggambaran, setiap lantai dipisahkan per layer secara otomatis.
  3. Gambar yang dihasilkan berupa dua output (window), 2D (pandangan atas) dan 3D (interaktif), di mana kedua output itu aktif secara bersamaan dan saling terhubung, artinya kita bisa membuat gambar pada window manapun, dan masing-masing window yang lain akan saling meng-update satu sama lain secara otomatis.
  4. Untuk presentasi, tersedia fasilitas render dengan kualitas yang sangat baik, dengan output berupa image atau movie. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Grafisoft telah mengeluarkan software renderer khusus yaitu Artlantis yang bisa me-render berbagai format gambar (tidak cuma gambar keluaran ArchiCAD). Software ini juga dilengkapi dengan fasilitas flytrough, yaitu fasilitas untuk membuat animasi pasif (obyeknya diam, kamera yang bergerak) dari gambar yang telah kita buat
  5. Obyek yang dilengkapi dengan parameter ukuran yang sangat detail, memudahkan kita mendapatkan obyek dengan ukuran yang benar-benar flexibel.
  6. Dilengkapi dengan fasilitas penghitungan Bill Of Material atau RAB, yang kata orang formatnya cukup bagus dan bisa diterima para arsitek atau kontraktor kita, saya kurang tahu pasti, belum sempat belajar
  7. Satu lagi yang lebih keren : Fasilitas GDL. Kependekan dari Geometric Description Language, yaitu pembuatan obyek dengan menggunakan script bahasa pemrograman, mirip kita dulu menggambar obyek dengan program Pascal atau bahasa C, hanya saja bahasa GDL jauh lebih sederhana. Mengapa dibilang keren? Karena dengan obyek yang didefinisikan dengan bahasa program, ukuran file menjadi sangat kecil, karena hanya memuat teks saja, oleh karenanya akan sangat mudah untuk disebarluaskan. Sangat berbeda bila kita mau share obyek yang kita gambar menggunakan software AutoCad misalnya, tentu repot kalau kita hendak mengunggah obyek mobil dengan bentuk yang rumit dalam format *.dwg/dxf, karena file-nya akan sangat besar. Konsepnya sama persis dengan konsep penggambaran obyek menggunakan software PDMS (software khusus untuk mendesain platform kilang pengeboran minyak), yang keluaran hasil gambarnya juga berupa teks dengan extension file *.txt atau *.mac.
  1. Chief Architect

Chief Arsitek diciptakan untuk pasar Home Design Software profesional dan merupakan objek berbasis 3D pertama sistem CAD dengan prinsip desain objek cerdas; dikenal sebagai Gedung Informasi Modeling (BIM).

Ini adalah perangkat lunak desain profesional yang dapat membantu menghasilkan desain 3 dimensi. Hal ini alat otomatis yang dapat membuat desain rumah dan renovasi mudah. Ini adalah perangkat lunak yang paling arsitek memilih untuk menggunakan dalam desain arsitektur 2D atau 3D karena mudah digunakan dan masih bisa memberikan hasil yang mereka inginkan.

Premier Chief Arsitek adalah untuk semua aspek desain komersial residensial dan ringan. Powerfull membangun dan merancang alat membantu para profesional desain cepat membuat rencana sesuai dengan praktek bangunan standar. Setiap elemen ditempatkan dalam rencana telah umum digunakan default untuk membuat proses desain yang efisien dan produktif. Ketika Anda menggambar dinding, program secara otomatis membuat model 3D dan menghasilkan Daftar Bahan. Ada alat Gedung kuat Otomatis dan Manual untuk menghasilkan Dokumen Konstruksi dengan Rencana Situs, Rencana Lantai, Rencana Framing, Rencana Listrik / HVAC, Rincian Bagian, dan Ketinggian. Akhirnya, Chief Arsitek termasuk alat desain untuk foto-realistis rendering, rendering Artistik dan Tur Virtual untuk membantu klien memvisualisasikan desain Anda.

Ini adalah perangkat lunak desain profesional yang dapat membantu menghasilkan desain 3 dimensi. Memiliki alat otomatis yang dapat membuat desain rumah dan renovasi mudah. Ini adalah perangkat lunak yang sebagian besar di pilih arsitek untuk menggunakannya dalam desain arsitektur 2D atau 3D karena mudah digunakan dan selalu memberikan hasil yang mereka inginkan.

  1. MICROSTATION

Microstation adalah software berbasiskan grafik yang digunakan untuk penggambaran 2D maupun 3D mirip seperti software AutoCAD . Bahkan sistem kerjanya pun mirip dengan apa yang ada di AutoCAD ,Tetapi microstation memiliki kelebihan yaitu pada fitur yang lebih memudahkan user untuk mendesign.

Tidak semua orang bisa mengoperasikan Microstation, kebanyakan software ini dipakai untuk bidang teknik , infrastruktur, dan bisa di Customize sesuai keinginan user.

Namun ada banyak orang yang menggunakan software ini karena stabilitas ketika datang ke platform yang mereka dapat bekerja pada tidak seperti perangkat lunak lain. Mereka juga merasa lebih mudah untuk digunakan. Ada beberapa masalah dengan menggunakan software ini, yaitu adalah kompatibilitas dan dapat menyebabkan beberapa masalah alur kerja kepada pengguna. Beberapa gambar yang dari AutoCAD tidak dapat dilihat di Microstation. Hal ini menyebabkan mencari bantuan dari seorang arsitek untuk melakukan binding atau melakukan perubahan yang diperlukan pada Anda sendiri.

MicroStation adalah program CAD ( Computer Aided Design ) inovatif yang digunakan oleh para arsitek, engineer, kontraktor, dan Profesional GIS (Geographic Information System) untuk mengintegrasikan pekerjaan dalam bidang bangunan, proyek sipil, power plants, dan informasi geospasial.Seperti pada awalnya, Microstation digunakan dalam bidang arsitektur dan engineer untuk membuat gambar konstruksi; namun, Program ini telah berkembang menjadi banyak versi termasuk advanced modeling dan rendering, termasuk juga Boolean solids, raytracing, dan keyframe animation. Software ini dapat menyediakan lingkungan yang dikhususkan untuk arsitektur, civil engineering, pemetaan, atau desain tanaman, dan sebagainya.

Dalam peranannya dalam membuat fasad dari terrain map, MicroStation memiliki opsi-opsi dalam membuat model 3 dimensi. Tools untuk menciptakan dan memanipulasi permukaan yang kompleks dan model-model mesh (jala) dengan tekstur yang terpeta. Tools untuk modeling yang tingkat tinggi atau advance dapat memudahkan dalam pembuatan model solid dan mudah pulan dalam mengubah fitur parametric berbasis solid modeling. Sebagai tambahan, Geometri 2 atau 3 dimensi dapat diterbitkan dari MicroStation ke environment Google Earth TM 2D/3D dan model SketchUp juga dapat diimport langsung dari Google 3DWarehouse ke dalam MicroStation V8 XM Edition.

Ada beberapa orang yang menggunakan software ini karena program yang stabil dan kemudahan dalam penggunaannya, tetapi kelemahan dalam software ini adalah kompatibilitas dan dapat menyebabkan beberapa masalah alur kerja kepada pengguna. Beberapa gambar yang dari AutoCAD tidak dapat dilihat di Microstation. Hal ini menyebabkan mencari bantuan dari seorang arsitek untuk melakukan binding atau melakukan perubahan yang diperlukan pada Anda sendiri.

  1. Autodesk Revit

revit

Revit Architecture merupakan salah satu produk dari Autodesk. Produk ini dapat dikatakan merupakan gabungan dari AutoCad dan 3Dmax, karena produk ini bisa membuat tampilan 2D dan 3D secara bersamaan. dengan fasilitas gabungan tersebut, maka Revit memiliki kecepatan dalam kinerja yang lebih tinggi dari yang lainnya.

Namun, untuk masalah Detailling tergantung dari pemakai. Untuk rendering dalam Revit tidak terlalu bagus, sehingga kebanyakan dari pengguna selalu meng-eksport hasil produk 3D Revit ke dalam 3Dmax untuk menghasilkan produk animasi yang baik. Dengan demikian, hal ini dapat memudahkan bagi para desainer untuk membuat desain berkualitas tinggi yang akurat. Software ini merupkan solusi terbaik jika kita mencari fungsi.

Software ini bekerja dengan cara yang dapat memenuhi kebutuhan arsitek dan desainer. Dengan demikian, hal ini bisa memudahkan bagi para desainer untuk membuat desain yang berkualitas akurat tinggi. Perancangan perangkat lunak ini juga mendukung informasi bangunan pemodelan alur kerja yang berarti bahwa Anda bisa mendapatkan dan menganalisa setiap konsep, memenuhi semua tujuan di seluruh desain, dokumentasi dan pembangunan keseluruhan proyek. aplikasi ini bersifat standalone dan merupakan solusi terbaik jika Anda mencari fungsional. Ini juga hadir dalam edisi yang berbeda serta memiliki fitur khusus dan dapat memenuhi semua kebutuhan dalam desain.

  1. Softplan

SoftPlan_2012_Screen_Capture

Software ini dapat digunakan pada semua kebutuhan dalam perancangan. Software ini juga mendukung pemodelan informasi gedung yang memberikan dokumentasi lengkap, 3 dimensi kemampuan perancangan, daftar bahan dan real time perkiraan biaya repots.

Hal ini mudah untuk menggunakan software yang dapat digunakan pada semua kebutuhan dalam perancangan. Hal ini juga mendukung pemodelan informasi gedung yang memberikan dokumentasi lengkap, 3 dimensi kemampuan perancangan, daftar bahan dan real time perkiraan biaya repots. Perubahan yang Anda akan lakukan pada desain akan secara otomatis dikoordinasikan seluruh proyek yang sedang di kerjakan. Ini merupakan pilihan terbaik ketika Anda bekerja pada desain perumahan dan komersial.

  1. Google Sketchup

skecap skecap1 sketchup_2

Setelah Google membeli hak dari software ini, sekarang menjadi populer dan diketahui banyak pengguna. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah membuat desain bangunan 3D. Perangkat lunak ini adalah pilihan tepat bagi siswa yang mencari perangkat lunak yang dapat menghasilkan desain 3 dimensi dalam waktu singkat dan untuk orang-orang yang baru mulai pada karier arsitektur mereka.

Sketchup adalah sebuah software komputer untuk membuat model 3 Dimensi (3-D) atas benda-benda fisik seperti gedung-gedung, peralatan rumah tangga, disain tata ruang dan sebagainya. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah membuat desain bangunan 3D.

Meskipun fitur yang tidak terlalu canggih seperti spt perangkat lunak lain, harganyacukup wajar terutama jika kamu seorang pemula. Perangkat lunak ini adalah yang terbaik bagii siswa yang mencari perangkat lunak yang dapat menghasilkan desain 3 dimensi dalam waktu singkat dan untuk orang-orang baru memulai karier arsitektur mereka.

  1. Archimedes

archimedes

Archimedes merupakan program CAD yang fokus untuk desain-desain arsitektural. Program ini sangat mudah diperluas dengan memasukkan berbagai plugin,  program ini juga sangat mudah membuat kita dalam mengerjakan tugas-tugas sebagai arsitek. Fitur-fitur yang terdapat dalam archimedes berupa:

  1. basic drawing tools seperti: line, polyline, arcs, circle, text, offset.
  2. Advanced Cad Function like: trim, fillet, measurement
  3. Hand drawing yang terskala
  4. Auto save
  5. Tersedia dalam bahasa Inggris, Portugis, dan Italia
  1. VectorWorks Architecture

vector vector1 vectorwork

Software ini mungkin bukan sesederhana untuk digunakan seperti perangkat lunak lain, tetapi melalui keterlibatan desainer yang mampu menghasilkan hasil luar biasa dan menghasilkan proyek-proyek luar biasa. Perlu waktu berjam-jam dan kadang-kadang frustasi ketika Anda akan menjalani dalam proses belajar, semua akan sia-sia, terutama ketika Anda sudah bisa membuat dengan cepat dan unik desain setelah beberapa waktu. Perangkat lunak ini juga mendukung pemodelan informasi gedung.

Sebenarnya mudah untuk menggunakan aplikasi ini, bila Anda terbiasa untuk itu. Ini adalah perangkat lunak yang cocok bagi mereka dengan pengalaman dan mereka yang ingin memiliki hasil terbaik. Hal ini tidak dianjurkan untuk waktu pertama dalam belajar desain arsitektur.

  1. Coreldraw

corel corellll

Pengertian Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Keunggulan program Corel Draw

Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:

  • Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
  • Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  • Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
  • Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

Kegunaan dari program Corel Draw

Jika berbicara masalah kegunaan Corel Draw, sebenarnya ada cukup banyak dan bahkan bisa dikatakan sangat banyak. Namun bagi para penggunanya, program Corel Draw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:

  1. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
  2. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
  3. Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
  4. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

Demikian adalah beberapa contoh kegunaan Corel Draw, yang mana selain itu masih banyak kegunaan yang lain. Mungkin anda bisa menambahkan kegunaan Corel Draw yang telah anda lakukan sendiri. Yang jelas program Corel Draw ini adalah program yang sangat populer dan banyak digunakan oleh orang. Hampir semua komputer terinstall program Corel Draw.

  1. Photoshop

Photoshoppp photosp

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklansehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.

Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Meskipun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluan tersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobe lainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dari Adobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effects dan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakan penyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect seperti backgroundtekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dan situs web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuat menu dan tombol (button) DVD.

Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:

  • RGB color model
  • Lab color model
  • CMYK color model
  • Grayscale
  • Bitmap
  • Duotone

Versi terbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program ini dipasarkan dengan nama “Photoshop CS2.” “CS” merefleksikan integrasi produk Photoshop dengan aplikasi “Creative Suite buatan Adobe dan disebut “2” karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobe mengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan pada Photoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan “warp,” versi kurva dari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadir sebagai plug-in 8BF.

Untuk para penggemar fotografi, Adobe menyediakan filter “reduce grain” (mengurangi grain) yang dapat membantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangan cahaya. Untuk “memperjelas” perbedaan produk CS dengan produk-produk Photoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yang dipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampai versi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon dan bentuk identifikasinya.

Versi beta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15 Desember 2006. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakan bulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi, dengan huruf ‘Ps’ berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien.

Versi terakhirnya dilengkapi dengan Adobe Camera RAW, sebuah plugin yang dikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format file RAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versi awal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahan biaya $99 USD.

Secara Photoshop adalah sebuah program penyunting gambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional raster grafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600. Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatan grafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk menghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya, Adobe memperkenalkan Photoshop Elements, sebuah versi lain dari Photoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawah US$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkan beberapa fitur profesional.

KESIMPULAN

  • Software-software penunjang kerja arsitektur diantaranya Microstation, SketchUP, Revit Architecture, Soft Plan, VectorWorks Architectur, AutoCAD, , Chief Architecture, ArchiCAD, 3D Studio Max, Luminion, Photoshop, dan Corel Draw, serta masih banyak software yang membantu kerja para arsitek.
  • Setiap software yang ada mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.
  • Setiap software ini juga membantu meringankan pekerjaan para arsitek dan insinyur dalam merancang dan mendesain.

SARAN

  • Setiap aplikasi yang ada mempunya masing-masing kelebihan dan kekurangan tersendiri. Penggunaannya kembali kepada masing-masing orang tergantung kecakapan dan kenyamanan dari pengguna.

Sumber :


Leave a comment